Ketumbar Untuk Masakan

Mengenal Bumbu Ketumbar Untuk Masakan



Apa Itu Ketumbar ? 

                Ketumbar adalah salah satu jenis rempah-rempah yang banyak digunakan oleh masyarakat luas khususnya di Asia. Sudah sejak dahulu kala tanaman ketumbar banyak diperdagangkan di daerah ini. Umumnya yang digunakan dari ketumbar adalah bijinya yang berukuran kecil. Biji ketumbar dapat digunakan secara langsung ataupun digerus terlebih dahulu. Selain biji, daun ketumbar juga banyak digunakan.



Untuk mengembangbiakkan ketumbar, diperlukan suhu yang dingin atau sejuk. Ketumbar tidak dapat hidup di suhu terlalu panas. Tanaman ketumbar tumbuh tidak terlalu tinggi. Hal ini menyebabkan ketumbar dengan mudah dibiakkan di Indonesia.


Apa Fungsi Dari Ketumbar

            Kegunaan dari ketumbar tidak lain adalah sebagai bumbu pelengkap masakan. Masakan tradisional Indonesia yang dikenal kaya akan citra rasa umumnya menggunakan ketumbar sebagai campurannya. Daun ketumbar digunakan seperti halnya kita menggunakan daun seledri. 
Dengan menggunakan ketumbar, rasa dari masakan yang dibuat akan lebih pekat. Umumnya masyarakat akan menggunakan ketumbar yang digerus untuk mendapatkan rasa seperti itu. Selain penguat rasa alami, ketumbar juga dipercaya memiliki khasiat untuk meredakan kembung sehingga memperbaiki saluran pencernaan. Ketumbar juga dipercaya dapat melancarkan ASI bagi ibu yang 


Cara Mengolah Ketumbar

             Dengan mudah ketumbar dapat diperoleh diberbagai pusat perbelanjaan. Masyarakat tidak perlu lagi menggerus ketumbar untuk mendapatkan bubuknya. Umumnya mereka telah menjual bubuk ketumbar. Malahan masyarakat akan lebih sulit jika mencarinya dalam bentuk butiran kasar. Cara menyimpan ketumbar juga sangat mudah. Hanya perlu dimasukkan dalam wadah bersih saja. Gunakan wadah dengan permukaan yang bolong untuk memudahkan penggunaan. Daya tahan ketumbar juga cukup lama sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dalam menggunakannya.
Untuk memasak jenis makanan tradisional diperlukan ketumbar dalam jumlah yang berlebih sehingga Anda harus membubuhkan ketumbar melebihi jumlah biasanya. Hal ini dimaksudkan untuk megeluarkan rasa masakan tersebut. Sementara untuk daun ketumbar, Anda dapat menggunaan daun ketumbar ini dengan cara mengirisnya kecil-kecil lalu menaburnya di atas masakan yang akan disajikan. Cara ini sama seperti daun lainnya yang sering kali digunakan sebagai pelengkap masakan.




Posting By Admin

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Ketumbar Untuk Masakan. Berlangganan melalui email sekarang juga:

dzulCYBER

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Ketumbar Untuk Masakan"

Post a Comment

dzulCYBER