Cabe Merah Pada Masakan

CABE MERAH PADA MASAKAN



Mengenal Cabai Merah

             Cabe Merah adalah bahan masakan yang paling sering digunakan dalam masakan Indonesia terutama masakan padang. Cabe merah ini dikaterogikan sebagai sayuran. Warnanya yang merah segar ini selalu membuat orang tergiur untuk membelinya dan mengolahnya. Ukuran dari cabe merah ini bisa dikatakan cukup besar. Tekstur kulitnya halus. Jika dibelah cabe merah memiliki biji-biji yang merupakan sumber pedas dari cabe merahnya. Cabe merah yang ditanam dengan baik akan menghasilkan pedas yang cukup bikin berkeringat dan menambah gurih masakan. Namun, ada juga yang cabe merah yang hanya sebagai pewarna merah saja tanpa ada rasa pedas. Biasanya cabe merah ini menjadi olahan sambal, rendang, tumisan, dan sebagai bumbu masakan.


Fungsi Dari Si Cabai Merah

                 Cabe merah sebagai bahan masakan ini ternyata memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Cabe merah ini memiliki zat yang bernama capsaicin yang dapat mengendalikan kanker. Selain itu, cabe merah mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh Anda dari radikal bebas dan juga mengandung vitamin C. Namun, bila Anda memiliki penyakit seperti maag atau nyeri lambung sebaiknya tidak mengkonsumsi cabe merah secara berlebihan karena dapat memperparah penyakit tersebut.
Cabe merah yang mempunyai rasa pedas ini pasti membuat banyak orang yang ketagihan. Cabe merah ada dua yaitu cabe merah besar dan cabe merah keriting. Tingkat kepedasan dari masing-masing cabe juga berbeda karena cabe merah keriting lebih pedas daripada cabe merah besar. Untuk cabe merah keriting dapat dimasak untuk tumisan dengan diiris tipis sehingga lebih terasa pedasnya. Sedangkan untuk cabe merah besar lebih sering digunakan untuk membuat bumbu masakan yang dihaluskan.

Cara Mengolah Cabe Merah

            Cabe merah yang digunakan untuk memasak sebaiknya cabe merah yang masih segar karena dapat mempengaruhi kualitas dari hasil masakan Anda tentunya. Memilih dan menyimpan cabe merah dengan tepat dapat membuat cabe merah bertahan lebih lama. Berikut beberapa cara agar cabe merah tetap segar:
             Saat membeli cabe merah, pilihlah cabe merah yang segar dan tidak layu. Cabe merah yang segar dapat dilihat dari warnanya yang masih merah dan teksturnya halus;
Cabe merah segar dapat juga dilihat dengan cara menekan bagian daging cabenya. Jika terasa empuk berarti cabe merah tersebut masih segar. Selain itu, perhatikan batang cabe merah, pilih yang masih memilki batang cabe yang keras;
              Kemudian, cuci bersih cabe merah yang sudah Anda beli dan tiriskan hingga benar-benar kering. Karena jika tidak benar-benar kering, cabe merah akan cepat membusuk;
Setelah benar-benar kering, simpan cabe merah dalam wadah kedap udara dan simpan pada lemari pendingin;
               Jika Anda ingin menggunakan cabe merah untuk memasak, sebaiknya cuci terlebih dahulu cabe merahnya agar bakteri hilang;
Untuk memasak tumisan, cukup dengan mengiris tipis-tipis cabe merah. Sedangkan untuk membuat bumbu masakan cukup potong dengan ukuran sedang kemudian dihaluskan;
Jika Anda hanya ingin mengambil warna merah dari cabe merahnya, Anda cukup membuang biji dari cabe merah dengan memotong bagian ujung cabe merah lalu putar-putar cabe merahnya hingga biji cabe terbuang. Cara ini untuk menghilangkan rasa pedas pada cabe.


Posting By Admin

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Cabe Merah Pada Masakan. Berlangganan melalui email sekarang juga:

dzulCYBER

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Cabe Merah Pada Masakan"

Post a Comment

dzulCYBER