Kapulaga

KAPULAGA. Siapa Yang Kenal Kapulaga ?


Apa Itu Kapulaga ? yuk Kepoin



               Ada satu rempah khas Indonesia yang juga cukup sering digunakan untuk memasak dan membuat jamu. Namanya, kapulaga. Kapulaga memiliki bentuk yang unik, seperti kacang Arab, namun dengan ukuran yang sedikit lebih besar, kulitnya tipis, warnanya hijau terang sampai cokelat tua, dan bentuknya seperti gelendong. 
Kapulaga termasuk dalam keluarga jahe-jahean. Di Indonesia, kapulaga yang terkenal adalah kapulaga Jawa dan kapulaga India. Sedangkan eksportir kapulaga terbesar di dunia adalah Guatemala. Psst...kapulaga ternyata salah satu rempah termahal di dunia juga, yakni di posisi ketiga setelah saffron dan vanili. Wow..



Fungsi dari Kapulaga

                  Kapulaga mengandung vitamin A, B, dan C, serta serat, kalsium, minyak atsiri, dan zat besi. Kapulaga tidak hanya untuk masakan saja, tapi juga digunakan dalam dunia pengobatan tradisional dan untuk kecantikan. 
Karena mengandung serat, kapulaga baik sekali untuk melancarkan pencernaan dalam tubuh, termasuk juga mengontrol asam lambung. Buat yang menderita maag akut, kapulaga bagus untuk dikonsumsi. Punya masalah dengan bau mulut dan gigi yang sering nyeri? Kunyahlah kapulaga, dijamin mulut menjadi harum dan masalah gigi hilang. Selain itu, kapulaga juga baik untuk mengobati penyakit ginjal, keperkasaan pria, dan juga sebagai pembunuh sel kanker. 


Cara Mengolah

               Berikut ini kami sarikan beberapa cara mengolah kapulaga menjadi obat herbal untuk mengobati penyakit-penyakit ringan :
Obat sakit gigi dan bau mulut : haluskan segenggam daun pegagan dan 10 butir kapulaga kering bersama dengan secangkir air. Minum ramuan ini cukup seperempat cangkir sekali di pagi hari selama seminggu;
Obat mulas dan kembung : sangrai 10 butir kapulaga bersama dengan 13 butir biji jati Belanda, kemudian seduh dengan air panas seperti membuat teh. Minum ramuan ini 100 mili sekali sehari sampai sembuh. 

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Kapulaga. Berlangganan melalui email sekarang juga:

dzulCYBER

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Kapulaga"

Post a Comment

dzulCYBER