Bakso Sapi Super Kenyal

Bakso Sapi Super Kenyal



History 

         Minggu besok mau kedatangan tamu, Adik2 mahasiswa dari berbagai kampus di Wuhan. Tamu istimewa, suguhannya juga harus istimewa dong.. Haha, pilihan jatuh ke bakso sapi ala Xanderskitchen, yang udah diadaptasi dengan pengurangan airnya, saya suka bakso sapi kenyal yang mem'ball'.. Jadi takaran airnya saya kurangi, menghasilkan Bakso yang garing. Bila ingin bakso lembut dari resep ini, airnya sekitar 100ml.




Bahan Bahan Yang Perlu Disiapkan

500 gr daging sapi giling
1 butir putih telur
70 ml air
1 sdm lada hitam
1 sdm garlic bubuk, bisa diganti 1/2 bonggol bw. putih tumbuk
1 sdm garam
1/2 sdm kaldu jamur, boleh skip
100 gr sagu
1.5 L air untuk merebus ditambah 1sdm garam


Langkah Langkahnya


  1. Campur semua bahan di choper. Sy pakai blender dalam keadaan daging giling beku yg sdh diiris2. Ditambah 1 sdm sagu biar blender g macet. Metode ini lama krn harus beberapa kali melakukannya sampai semua daging tergiling.
  2. Campur bumbu, telur, dan air, aduk rata.
  3. Masukkan sample daging ke dalam air mendidih hingga mengapung, angkat, rasakan. Tambahkan bumbu bila dirasa kurang.
  4. Bulatkan daging dengan cara mengepalkan tangan kiri yang menggenggam daging, pencet hingga daging keluar dari lubang antara jempol dan jari telunjuk, angkat daging dengan bantuan sendok
  5. Masukkan ke dalam air mendidih hingga mengapung, angkat.  
  6. Review : Bakso yang enak adalah yang banyak bumbu didalamnya, jangan ragu menambahkan merica dan bawang putih yang banyak ke dalam adonan, karena bakso yg berkesan adalah bakso yang sdh ditelan masih juga meninggalkan aroma kuat di lidah kita.. Itu kata sayaa.. Daging sapi bisa diganti dengan daging ayam atau udang, bahkan ikan.. Foto ini utk versi Bakso ayamnya.
  7. Review 13 Nov : Tadi malam bikin bakso tp hasilnya GATOT, Mana bikin lgsg 1 kg lagi...hiks kok bisa? ngejer tayang pesenan, jd ada daging lgsg eksekusi. masalahnya kondisi daging tdk spt biasanya, sy selalu pakai daging giling BEKU, yg diblender ulang, hasilnya memuaskan, Bakso kenyal. kemarin daging biasa, lgsg dieksekusi dengan es yg belum membeku sempurna, hasilnya : lembek dan bau khas sapi (prengus?), ini yg dialamin sm empunya contekan resep saya.. hehe.



Posting By Admin



Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Bakso Sapi Super Kenyal. Berlangganan melalui email sekarang juga:

dzulCYBER

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Bakso Sapi Super Kenyal"

Post a Comment

dzulCYBER